Friday, July 12, 2013

Pengertian Karang Gigi Lengkap

Pengertian Karang Gigi Lengkap


Pengertian Karang Gigi Lengkap - Dalam proses pembentukan karang gigi, kita tidak akan mengetahui nya. Dari pengalaman saya sendiri, saya tidak pernah merasakan proses terjadinya karang gigi. Karena tuntutan pekerjaan, minggu lalu saya cek kesehatan gigi. Gila!!! banyak sekali karang gigi yang tumbuh, kata doktersih karena kurang perawatan, tapi saya selalu gosok gigi tiap hari. lalu kenapa ini bisa terjadi ya.? langsung aja, Karang gigi adalah :

Karang gigi atau "kalkulus gigi" terbuat dari plak dan zat kapur yang berada di air liur. Plak sendiri terdiri dari lapisan bening di gigi ( perikel ) dan kuman. Di dalam mulut kita terdapat lebih dari 350 jenis kuman yang dapat menyebabkan karies. Jika di gigi atau sela-sela gigi terdapat banyak makanan yang tidak di bersihkan maka kuman akan mencerna makanan tersebut, lama-kelamaan akan menyebabkan karang gigi.
pengertian scalling scalling merupakan suatu tindakan yang di lakukan utuk membersihkan karang gigi menggunakan alat - alat yang disebut scaller,
scaller terdiri dari: hoe scaller : alat yang berbentuk seperti cangkul kecil, untuk membersihkan sub atau supra ginggiva kalkulus. sikle scaller : alat yang berbentuk seperi bulan sabit, untuk membersihkan kalkulus pada ruang interdental. wing set scaller : alat yang berbentuk seperti sayap, untuk membersihkan sub atau supra ginggiva kalkulus. curret scaller : alat yang bentuk seperti sendok, untuk mengambil jaringan lunak,cementum,dan sub ginggiva kalkulus pada saku gusi. file scaller : alat yang berbentuk seperti kikir, untuk membersihkan sub atau supra ginggiva kalkulus. chisel scaller : alat yang berbentu seperti pahat, untuk membersihkan sub atau supra ginggiva kalkulus.
bahan untuk scalling: disclosing agent : suatu caiarn berwarna merah yang diberikan pada saat pemeriksaaan gigi untuk menunjukan plak dan karang gigi yang melekat pada permukaan gigi sehingga tampak lebih jelas.
Tahap kerja scalling: persiapkan alat dan bahan yang akan digunakan. cuci bersih tangan dan kenakan sarung tangan. gunakan masker ( alat perlindungan diri) pastikan pasien dalam keadaan nyaman pada dental unit. berikan disclosing agent pada bawah lidah pasien. lalu instruksikan pasien untuk meratakannya menggunakan lidah. periksa karang gigi yang ada pada permukaan gigi. lalu bersihkan karang gigi menggunakan scaller manual ataupun scaller elektronik. (jangan lupa menggunakan satu tumpuan untuk fixasi). setelah selesai melakukan perawatan maka berikan instruksi sebagai berikut untuk pencegahan timbulnya karies : rajin gosok gigi setelah makan dan sebelum tidur menggunakan odol. ranjin minum air putih dan berkumur - kumur. rajin membersihkan sisa makanan yang menempel menggunakan benang gigi. rajin makan makanan yang berair dan berserat seperti buah dan sayur.

Karang gigi melekat erat dengan gigi dan hanya bisa di bersihkan dengan scaller, atau alat ekstraktor oleh dokter gigi.
Warna karang gigi mula-mula kuning, lama-kelamaan dapat berwarna coklat atau kehitaman sesuai dengan kebiasaan seperti merokok atau minum kopi.
Karang gigi dapat menyebabkan gigi goyang dan mudah tanggal karena penurunan gusi, gusi bengkak, gusi berdarah terutama saat menyikat gigi, dan halitosis (bau mulut).

Oleh sebab itu, sebaiknya kalian menjaga baik - baik gigi kalian, karena suatu saat, kesehatan gigi akan menjadi sebuah syarat penting dalam kehidupan kamu. Terimakasih telah membaca artikel kami kali ini yang berjudul " Pengertian Karang Gigi Lengkap "

0 comments:

Post a Comment