Thursday, March 21, 2013

Cara Menyortir Saham Dengan MetaStock Terlengkap


Cara Menyortir Saham Dengan MetaStock Terlengkap – Metastock adalah alat untuk melakukan analisa teknikal saham yang paling popular. Banyak sekali keuntungan yang bisa kita dapatkan dari alat analisis teknikal metastock. Salah satu keuntungan metastock adalah proses analisis saham menjadi simple dan cepat. Berikut ini tips cara menyortir saham dengan metastock secara lengkap namun tetap simpel dan cepat
Saham di BEI +/- berjumlah 450 saham. Kalau kita harus menganalisis semuanya satu persatu tentu akan sangat merepotkan dan memakan banyak waktu.
Berikut tips cara menyortir saham dengan MetaStock, sehingga proses analisis saham menjadi lebih simpel dan cepat :
1. Jalankan MetaStock
2. Pilih Tools – The Explorer (icon bergambar binocular)
3. Pilih salah satu tools yang ada. Bisa menggunakan standar Explorer yang sudah tersedia di MetaStock atau hasil buatan sendiri atau menggunakan Add-on / plug-in / tools explorer yang ditambahkan ke dalam MetaStock seperti POWER Stock Filter (PSF) yang ada di INVESTIUM.
Pemilihan tools pada The Explorer ini disesuaikan dengan keinginan kita.
Karena semuanya tentu sangat menyukai saham2 pencetak profit tinggi, maka sebagai contoh kita
pilih kondisi ketika kita ingin menganalisis saham2 yang berpotensi breakout, karena saham2 inilah yang selalu mencetak profit sangat tinggi.
Contoh dari saham2 breakout ketika tulisan ini dibuat : JPFA, BYAN dan SHID berhasil mencetak profit di atas 40% atau saham seperti INTA yang mencetak profit > 70%.
Untuk memisahkan saham2 yg berpotensi breakout ini, kita pilih tool di The Explorer yg menyeleksi hanya saham2 yang harga terakhirnya berada di sekitar breakout point.
Dalam contoh ini kita pilih tool yang berasal dari POWER Stock Filter (PSF) yaitu : 01-POWER Breakout 10%.
(Promo mode :On :-) ).
Setelah dipilih 01-POWER Breakout 10%, kita tentukan saham2 yang akan difilter/disaring/disortir dengan 01-POWER Breakout 10% ini dengan cara klik Add Securities, kemudian pilih saham2 BEI yang biasa kita gunakan di MetaStock, lalu klik Open.
Kemudian mulai proses penyortiran dengan cara klik OK.
Setelah selesai, Klik Reports.
Selanjutnya akan muncul saham2 calon breakout.
Untuk memudahkan proses analisis, saham2 ini sebaiknya dipisahkan ke dalam folder tersendiri dengan cara :
Blok/pilih seluruh saham ini kemudian klik kanan dan pilih copy security, lalu tentukan folder tempat penyimpanannya, misal C:\breakout-stocks.
Jangan lupa juga beri tanda checklist pada kotak Copy Smart Chart supaya tampilan MetaStocknya sesuai dengan template kita, lalu klik OK.
Apabila folder ini belum ada sebelumnya, maka akan muncul pertanyaan : Create New Folder ? Jawab Yes.
Setelah itu kita tinggal buka di MetaStock, pilih folder C:\Breakout Stocks, lalu lakukan analisis terhadap saham2 calon breakout ini yang tentu saja jumlahnya jauh lebih sedikit daripada keseluruhan saham di BEI, sehingga proses analisis menjadi jauh lebih cepat daripada menganalisis keseluruhan saham2 BEI yang berjumlah +/- 450 saham.
Untuk melihat cara penggunaan PSF ini secara detail, bisa dilihat pada Panduan PSF yang bisa didownload di bawah ini:

Selain POWER Stock Filter (PSF), di dalam MetaStock sendiri sudah tersedia puluhan tools Explorer standar MetaStock yang bisa dicoba dan disesuaikan dengan keinginan kita.

0 comments:

Post a Comment