Sunday, January 20, 2013

Kunci Sukses Di Dunia Trading


Sukses di dunia trading memanglah sesuatu yang paling diimpikan banyak trader pemula. Namun banyak trader pemula yang bingung harus berbuat apa. Salah satu kunci kecuksesan trader pemula adalah pengunaak indikator yang “Ampuh”. Ada banyak factor selain penggunaan indikator ampuh yang mempengaruhi kesuksesaan seorang trader pemula. Factor – factor penentu kesuksesan di dunia trading adalah hal yang kita bahas pada kesempatan kali ini.

Kita telah banyak mendapati berbagai jenis indikator yang hampir semuanya di klaim merupakan indikator yang profitable oleh pemiliknya. Pada dasarnya semua indikator memiliki kelebihan dan kelemahannya masing–masing. Dari berbagai jenis indikator tersebut kita dapat membuat strategi ataupun sistem trading.

Menurut Jhon J. Murphy, seorang pakar di bidang financial tradingdalam bukunya mengatakan dalam penyusunan sebuah system trading tidaklah cukup hanya dengan menggunakan analisa harga meskipun memang analisa merupakan aspek penting dan merupakan point krusial dalam trading. Faktor penting lain sukses di dunia trading dalam hal analisa adalah faktor trading tactics dan money management yang sering terlupakan. Perlu diingat bahwa tidak ada satupun system trading yang dapat dinggap sempurna tanpa adanya ketiga faktor tersebut.

Sukses di Dunia Trading : 3 Faktor Penentu

1)    Faktor yang pertama adalah Price Forecasting, Yaitu sebuah proses menganalisa ke arah mana harga / trend akan bergerak. Perlu diketahui bahwa proses awal ini merupakan proses yang cukup penting dan merupakan point krusial mengenai pengambilan keputusan dalam trading. Proses ini juga menentukan langkah apa yang akan kita ambil baik itu buy (jika trend terlihat bullish) dan juga sebaliknya sell (jika trend terlihat Bearish).

2)    Trading Tactics or timing, sebagai jawaban yang lebih spesifik mengenai entry dan exit point. Waktu juga merupakan salah satu hal yang krusial di pasar financial karena dengan presyaratan margin yang rendah yang dihasilkan oleh leverage yang tinggi tidaklah menyediakan banyak kesempatan bagi trader untuk melakukan kesalahan. Bahkan seorang trader fundamentalis sekalipun guna memprkecil faktor kesalahannya tetap saja harus menggunakan tools teknikal untuk menentukan kapan waktu terbaik dan menentukan level entry dan exit.

3)    Money Management, mencangkup alokasi asset secara keseluruhan. Point-point money management mencangkup segala hal seperti, diversifikasi asset, berapa banyak uang yang sanggup diresikokan, berapa jauh level stop loss kita, risk to reward rasio, apa yang haru dilakukan setelah profit atau loss dan bahkan lebih jauh dari itu money management juga menentukan cara bertransaksi kita apakah cara bertransaksi akan aggressive atau konservatif.

Cara mudah untuk meringkaskan tiga faktor diatas adalah bahwa Price Forecasting (analisa harga) memberitahukan seorang trader tentang apa yang harus dilakukan (Buy atau Sell). Kemudian Trading Tactics (Waktu) membantu para trader untuk memutuskan kapan harus entry ataupun exit. Terakhir Money Mangement sebagai jawaban berapa banyak asset yang kita dapat pergunakan untuk komitmen kita dalam pasar.

Sumber : tokotuaforex.blogspot.com

0 comments:

Post a Comment