Monday, May 27, 2013

Contoh Jurnal Sistem Informasi Manajemen Lengkap

Contoh Jurnal Sistem Informasi Manajemen Terbaru - Hai semua.. kali ini kita akan membahas seputar sistim informasi manajemen. Secara garis besar, hal - hal yang akan kita bahas kali ini adalah, tujuan dari sistem informasi manajemen , pengertian SIM, dan contoh jurnal SIM lengkap. Langsung aja yang pertama.

A. Pengertian SIM ( Sistem Informasi Manajemen )
Sistem informasi manajemen (SIM) (bahasa Inggrismanagement information system, MIS) adalah sistem perencanaan bagian dari pengendalian internal suatu bisnis yang meliputi pemanfaatan manusiadokumenteknologi, dan prosedur oleh akuntansi manajemen untuk memecahkan masalah bisnis seperti biaya produk, layanan, atau suatu strategi bisnis.

B. Tujuan SIM
  • Menyediakan informasi yang dipergunakan di dalam perhitungan harga pokok jasa, produk, dan tujuan lain yang diinginkan manajemen.
  • Menyediakan informasi yang dipergunakan dalam perencanaan, pengendalian, pengevaluasian, dan perbaikan berkelanjutan.
  • Menyediakan informasi untuk pengambilan keputusan.
Ketiga tujuan tersebut menunjukkan bahwa manajer dan pengguna lainnya perlu memiliki akses ke informasi akuntansi manajemen dan mengetahui bagaimana cara menggunakannya. Informasi akuntansi manajemen dapat membantu mereka mengidentifikasi suatu masalah, menyelesaikan masalah, dan mengevaluasi kinerja (informasi akuntansi dibutuhkan dan dipergunakan dalam semua tahap manajemen, termasuk perencanaan, pengendalian dan pengambilan keputusan).

C. Contoh Jurnal SIM
Contoh Sistem Informasi Manajemen Perpustakaan.


Tujuan.
Tujuan diadakannya perpustakaan di lingkungan kampus adalah untuk mempermudah para mahasiswa dalam mencari bahan bacaan.

Input.
- Nama peminjam.
- Tanggal peminjaman.
- Jumlah buku yang di pinjam.

Proses.
Proses meminjam buku di perpustakaan, biasanya membuat kartu perpustakaan terlebih dahulu/ menggunakan KTM (Kartu Tanda Mahasiswa), lalu registrasi, setelah itu kita bisa langsung memilih buku mana yang kita perlukan.

Output.
Output setelah kita melakukan proses tersebut adalah buku yang kita pinjam.

Mekanisme kontrol.
Biasanya buku – buku di perpustakaan dikontrol setiap minggunya.

Lingkungan.
Selain mahasiswa, staff dan dosen juga diperkenankan meminjam buku di perpustakaan.


Terimakasih telah membaca artikel kami yang berjudul ' Contoh Jurnal Sistem Informasi Manajemen Lengkap '

0 comments:

Post a Comment