Tuesday, March 19, 2013

Cara Mengetahui Tanda Rebound - Ampuh


Cara Mengetahui Tanda Rebound | Ampuh  - Mendapatkan profit yang besar bisa dilakukan, jika memebeli di saat yang tepat. Saat itu adalah dimana market sedang mengalami yang namanya REBOUND. Namun demikian, berlaku pula prinsip high risk, high return, sehingga apabila salah menentukan timing untuk buy, misal buy di saat market belum konfirm rebound, dan market turun lebih jauh, maka loss yang akan di dapat.

Hal ini biasanya terjadi karena hanya menebak2 tanpa dasar atau alasan yang jelas, bahwa harga saham telah sangat murah. Atau sering juga diibaratkan dengan seperti “menangkap pisau jatuh”.

Untuk menghindari hal ini, maka perlu dilakukan pengamatan dan analisis untuk melihat bahwa market telah benar2 rebound.

Salah satu tanda konfirmasi rebound yang paling gampang dikenali melalui fasilitas realtime trading yang ada di online trading, terutama untuk saham2 bermarket cap tinggi (blue chips) adalah yaitu semakin sedikit atau sudah tidak ada lagi bandar atau big player terutama “foreign trader / investor” yang melakukan “short” atau melepas sahamnya. Selain itu secara bersamaan, mulai terjadi atau mulai banyak big player terutama “foreign” juga yang buyback untuk mengcover shortsellnya atau menambah portfolionya.

Untuk menghindari jebakan pullback di tahap downtrending, tanda2 di atas harus dikonfirmasikan dengan posisi dari indeks atau saham terhadap support-resistance dari downtrend channelnya. Jika resistance tertembus, terutama dengan value transaksi yang meningkat, maka semakin konfirm rebound yang terjadi. Selain itu konfirmasi juga perlu dilakukan dengan tool2 analisis teknikal lain seperti indikator2 yang ada di MetaStock, yaitu MA, indikator Zigzag, indikator Parabolic-SAR, dll.

Selain itu perhatikan juga formasi candlestick yang terbentuk, apakah merupakan bullish pattern atau tidak.
Untuk mempelajari candlestick pattern ini, bisa dibaca di kumpulan ebook candlestick bullish & bearish pattern yang download linknya bisa dilihat di sini.

Kesimpulan : Beberapa tanda2 rebound adalah sbb :

1. Big Player “Foreign” / Asing : short << buy (long).
2. IHSG / saham breakout dari resistance downtrend channelnya.
3. Adanya konfirmasi tambahan dari indikator pendukung spt : Golden cross MA, Parabolic-SAR, Zigzag.
4. Terlihat adanya candlestick bullish pattern.

0 comments:

Post a Comment