Thursday, May 2, 2013

Contoh Paragraf Generalisasi Lengkap


Contoh Paragraf Generalisasi Lengkap – Jika kamu sedang mencari contoh paragraf generalisasi terbaru tahun 2013, sangat tepat sekali kamu mengunjungi blog ini. Disini akan diterangkan apa  itu yang dinamakan paragraf generalisasi dan apa – apa saja contoh nya.

Banyak sekali pendapat mengenai pengertian dari paragraf generalisasi itu.
  1. Paragraf generalisasi adalah paragraf yang isinya menarik kesimpulan berdasarkan data yang sesuai dengan fakta. (itukah.com)

  1. Paragraf generalisasi adalah penalaran induktif dengan cara menarik kesimpulan secara umum berdasarkan sejumlah data (sambunganhidup.blogspot.com)

  1. Generalisasi adalah proses penalaran yang bertolak dari fenomena individual menuju kesimpulan umum. (Wikipedia.co.id)

Jika dari pengeretian diatas belum memuaskan Anda, Anda dapat menyimpulkan sendiri pengertian dari paragraf generalisasi tersebut.

Setelah mengetahui pengertian paragraf generalisasi secara lengkap, kita akan menuju ke tahap berikutnya, yaitu contoh paragraf generalisasi:

Contoh 1
Para atlet memiliki latihan fisik yang keras guna membentuk otot-otot yang kuat dan lentur. Demikian juga dengan tentara, mereka memerlukan fisik yang kuat untuk melindungi masyarakat. Keduanya juga membutuhkan mental yang teguh untuk bertanding ataupun melawan musuh-musuh di lapangan. Oleh karena itu, untuk menjadi atlet dan tentara harus memiliki fisik dan mental yang kuat.

Demikian pula dengan manusia yang tidak berilmu dan tidak berperasaan, ia akan sombong dan garang. Oleh karena itu, kita sebagai manusia apabila diberi kepandaian dan kelebihan, bersikaplah seperti padi yang selalu merunduk.

Paragraf hubungan sebab akibat (hubungan kausal) adalah paragraf yang dimulai dengan mengemukakan fakta khusus yang menjadi sebab, dan sampai pada simpulan yang menjadi akibat.

Contoh 2
Buah tomat merupakan buah yang sarat khasiat. Buah tomat dapat mencegah penyakit kekurangan vitamin. Di samping itu juga mencegah kanker prostat, kanker usus besar, dan kanker paru-paru. Hasil penelitian menunjukkan tomat dapat mengobati gangguan pencernaan, diare, kolera, dan serangan empedu.

Contoh 3
Direktur Utama Perum Bulog Mustafa Abubakar memperkirakan bahwa kekeringan di sejumlah daerah tidak akan mengganggu stok beras nasional. Bahkan, rencana impor 2007 akan diundur untuk 2008 karena produksi beras dalam negeri dalam beberapa bulan mendatang mencukupi kebutuhan nasional. Mustafa menjelaskan bahwa stok beras per Juli 2007 sebanyak 1,63 juta ton cukup untuk kebutuhan nasional selama 7 bulan. Rencana pengadaan 1,8 juta ton tahun ini sudah terpenuhi 1,53 juta ton dari pembelian beras petani. Impor beras 2008 diperkirakan hanya 1,3 juta ton, lebih sedikit 200.000 ton dari rencana impor tahun 2007. Dengan demikian, cadangan beras nasional masih dapat mencukupi kebutuhan pangan masyarakat dan tidak perlu dikhawatirkan sampai akhir 2007

Karena banyak hal, akhirnya saya memutuskan untuk mengupload seluruh contoh paragraf generalisasi yang dapat anda download dibawah ini.

0 comments:

Post a Comment