Thursday, April 25, 2013

Pengertian Ciri Tajuk Rencana Lengkap


Pengertian dan Ciri Tajuk Rencana Secara Lengkap - Pada pelajaran bahasa Indonesia, kita pasti sering mendengar istilah Tajuk Rencana.Umumnya istilah Tajuk Rencana dijadikan sebagai salah satu soal ujian mata pelajaran bahasa indonesia yang mudah - mudah sulit. 

Didalam Ujian Nasional sendiri, setiap tahun nya selalu memakai soal yang berhubungan dengan tajuk rencana. Setelah dilakukan penelitian banyak siswa yang terjebak dalam soal tajuk rencana ini. Mengapa demikian.? Ini disebabkan karena mereka tidak tahu secara pasti apa yang dimaksud dengan Tajuk Rencana itu. Padahal jika kita tahu apa - apa saja cirinya, kita dapat dengan mudah menjawab soal tajuk rencana ini.

A. Pengertian Tajuk Rencana
Tajuk rencana atau Editorial adalah artikel pokok dalam surat kabar yang merupakan pandangan redaksi terhadap peristiwa yang sedang menjadi pembicaraan pada saat surat kabar itu diterbitkan. Dalam tajuk rencana biasanya diungkapkan adanya informasi atau masalah aktual, penegasan pentingnya masalah, opini redaksi tentang masalah tersebut, kritik dan saran atas permasalahan, dan harapan redaksi akan peran serta pembaca (id.wikipedia.org). Keaktualan bisa terjadi karena baru saja terjadi, bisa pula karena fenomenal dan/atau kontroversial. Menurut Wikipedia Bahasa Inggris (en.wikipedia.org/wiki/Editorial), di Inggris tajuk rencana dianggap sebagai artikel utama. Sementara itu, di Australia dan Amerika, tajuk rencana dikelompokkan di bawah bendera opini.

Tajuk rencana tidaklah dapat disebut berita. Tajuk rencana mirip dengan opini yang ditulis oleh para penulis lepas. Bedanya, tajuk rencana ditulis oleh para redaktur yang mewakili suara lembaga pers tentang permasalahan yang sedang aktual dan banyak diberitakan di media massa, termasuk di media yang bersangkutan sementara opini biasanya ditulis oleh penulis lepas atau kontributor. Definisi tajuk rencana kemudian menjadi rancu ketaka ada media massa yang menggunakan istilah berita utama untuk tajuk rencana.

Tajuk rencana bukan pula karangan seperti tertuang dalam KBBI Daring, yaitu ‘karangan pokok di surat kabar dan majalah’ karena istilah tajuk rencana maupun opini tidaklah sesuai dengan definisi karangan yang tertuang dalam KBBI Daring, yaitu (1) hasil mengarang; cerita; buah pena; (2) ciptaan; gubahan (lagu, musik, nyanyian); (3) cerita mengada-ada (yg dibuat-buat). 


Ada pun ciri-ciri tajuk rencana seperti tercatat dalam id.wikipedia.org/wiki/Tajuk_rencana adalah sebagai berikut.
  1. Berisi opini redaksi tentang peristiwa yang sedang hangat dibicarakan.
  2. Berisi ulasan tentang suatu masalah yang dimuat.
  3. Biasanya berskala nasional, berita internasional dapat menjadi tajuk rencana, apabila berita tersebut memberi dampak kepada nasional.
  4. Tertuang pikiran subyektif redaksi.
Karena banyak hal, akhirnya saya memutuskan untuk mengupload seluruh file tentang Pengertian dan Ciri Tajuk Rencana secara lengkap yang dapat anda download di bawah ini.


Secara garis besar file yang akan Anda download nanti adalah
  • Bagian-bagian Tajuk Recana
  • Beberapa hal yang perlu diketahui tentang tajuk rencana dalam kaitannya dengan soal-soal UN
  • Berbagai Istilah untuk Menyebut Tajuk Rencana

0 comments:

Post a Comment