Thursday, April 25, 2013

Dynamic Programming Secara Lengkap

Dynamic Programming Secara Lengkap - Jika kita berbicara tentang Dynamic Programming atau orang sering menyebutnya dengan singkatan DP pasti tidak jauh - jauh dengan pemecahan masalah atau sebuah solusi yang akan dijadikan sebagai suatu deret keputusan.

Berpacu pada judul kita kali ini, saya akan memaparkan beberapa pengertian atau definisi dari Dynamic Programming ini.

1. Dynamic programming mirip seperti metode divide-and-conquer yang menyelesaikan suatu problem dengan mengkombinasikan solusi menjadi subproblem. Divide-and-conquer membagi problem menjadi subproblem yang independen. kemudian menyelesaikan subproblem secara rekursif dan mengkombinasikan solusi tersebut untuk menyelesaikan problem utama. Sedangkan dynamic programming cocok digunakan ketika subproblem tidak indepen-den, jadi ketika subproblem terbagi menjadi subsubproblem.

2. Dynamic Programming (biasa disingkat DP) adalah suatu teknik algoritma untuk memecahkan masalah dimana solusi optimal dari masalah tersebut dapat dipandang sebagai suatu deret keputusan.

Pada umumnya Dynamic Programming digunakan untuk masalah optimisasi. Dimana suatu permasalahan memiliki banyak solusi. Setiap solusi memiliki nilai masing-masing. Dan ingin ditemukan solusi dengan nilai yang optimum (maksimal atau mininal). 

Dynamic programming dapat dibagi menjadi empat tahap yang berurutan sebagai berikut :
1. Karakterisasi struktur pada solusi optimasi
2. Mendefinisikan nilai solusi optimal secara rekursif
3. Menghitung nilai solusi optimal pada model bottom-up
4. Menyusun solusi optimal dari informasi hasil perhitungan
Langkah 1-3 adalah dasar dynamic-programming dalam menemukan solusi untuk suatu problem, Step 4 dapat dilakukan jika nilai solusi optimal diperlukan.

Di dalam pembelajaran Dynamic Programming, rasanya kurang lengkap jika kita tidak melihat secara langsung contoh penerapan Dynamic Programing itu sendiri bukan..?

Karena banyak hal yang telah dipertimbangkan, akhirnya saya memutuskan untuk mengupload semua contoh soal - soal Dynamic Programing pada sebuah file yang dapat Anda download di bawah ini


File yang Anda download nanti tidak hanya contoh saja namun pengertian, definisi, seputar, keseluruhan  dari Dynamic Programing. Ilmu ini didapat pada 5 Sumber yang berbeda.

0 comments:

Post a Comment