Saturday, February 2, 2013

Pengertian Gagasan Lengkap


Pengertian Gagasan Lengkap - Dalam pelajaran bahasa Indonesia pasti kita sering mendengar kata “ gagasan pokok ”. Siswa siswi  sekarang banyak pengertian terhadap dua kata yang sering disebutkan dalam soal – soal ujian. Dua kata ini yaitu,Gagasan dan Gagasan Pokok. Karena alasan itulah akhirnya saya membuat keputusan untuk menulis artikel ini yang bertujuan agar meluruskan pemahaman tentang perbedaan Gagasan dan Gagasan Poko.

Gagasan atau ide adalah istilah yang dipakai baik secara populer maupun dalam bidang filsafat dengan pengertian umum "citra mental" atau "pengertian". Terutama Plato adalah eksponen pemikiran seperti ini.
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ide/gagasan adalah rancangan yang tersusun di pikiran. Artinya sama dengan cita-cita. Gagasan dalam kajian Filsafat Yunani maupun Filsafat Islam menyangkut suatu gambaran imajinal utuh yang melintas cepat. Misalnya: gagasan tentang sendok, muncul dalam bentuk sendok yang utuh di pikiran. Selama gagasan belum dituangkan menjadi suatu konsep dengan tulisan maupun gambar yang nyata, maka gagasan masih berada di dalam pikiran.

Gagasan menyebabkan timbulnya konsep, yang merupakan dasar bagi segala macam pengetahuan, baik sains maupun filsafat.

Sekarang banyak orang percaya bahwa gagasan adalah suatu kekayaan intelektual seperti hak cipta atau paten.

0 comments:

Post a Comment